Rakor Persiapan Pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020

Pada hari Rabu tanggal 12 Februari 2020 Skj. 09.30 WIB bertempat di Aula Kantor Bupati Seruyan , Jalan A Yani, Desa Sungai undang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020, adapun Rapat di pimpin Drs.DJAINUDDIN NOOR ( Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan ) serta dihadiri oleh KOMPOL RONI WIJAYA, S.I.K ( Kabag OPS Polres Seruyan )MAYOR ARH.BAMBANG WALUYO ( Pabung 1015/SPT Kuala Pembuang ),DEWA PUTU OKA, SH ( Kasi Intel Kajari Seruyan ),HARTASIMA,M.Pd ( Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Seruyan ),NOMO KOESWOYO,S.STP ( Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Seruyan ),AGUS SUHARTO,S.Sos ( Asisten III Setda Seruyan ), AGUS SUKRON MAK’MUN, SE ( Ketua KPUD Seruyan ), YULIUS SETIAWAN, S.PDi ( Ketua Bawaslu Seruyan ), Dr.BAHRUN ABBAS ( Kepala BPKAD Kab. Seruyan ),BINDA POSDA SERUYAN, Camat Se Kabupaten Seruyan, Seluruh anggota Tim PilDesk yang berjumlah sekitar 30 org.

Pj. Sekretaris Daerah mengatakan beberapa point penting sebagai berikut :

  1. Pildesk akan segera di sah kan oleh Bupati Seruyan melalui SK Bupati Seruyan sesuai Permendagri Nomor 9 Tahun 2005;
  2. Pildesk ini merupakan suatu dukungan penuh Pemerintah Kabupaten akan pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020
  3. Secara garis besar tujuan pildesk, yaitu :
  4. Melakukan pemantauan situasi dan kondisi pelaksanaan pilkada di daerah
  5. Mampu memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah atas permasalahan akan hasil pilkada tahun 2020
  6. Terus berkoordinasi terhadap instansi terkait untuk mengantisipasi hal-hal yang menggangu pelaksanaan pilkada dalam hal ini masalah Kamtibmas.

Kaban Kesbangpol,  Secara  umum Kesbangpol selaku instansi leading sektor deskPilkada sudah siap menyukseskan pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020.

Ketua KPUD, KPUD sudah melaksanakan tahapan pilkada salah satunya yaitu rekrutmen PPK dan selanjutnya tanggal 15 Februari 2020 KPU akan melakukan penerimaan PPS di seluruh Kecamatan Kabupaten Seruyan.

Ketua Bawaslu, Menyampaikan rencana kegiatan Bawaslu serta Strategi pengawasan antara lain sebagai contoh yaitu Pencegahan yang mana agar memastikan KPU dan instansi terkait pada pelaksana baik tahapan ataupun pada hari H agar bersih dari pelanggaran, serta akan selalu berkoordinasi terkait jika ada pelanggaran, dan rencana Bawaslu akan membentuk Desa Anti Politik Uang di Desa Bangun Harja Kec. Seruyan Hilir Timur yang di rencanakan pada tanggal 28 – 29 Februari 2020.

Kabag OPS Polres Seruyan, Untuk kesiapan Pengamanan pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020 Polres Seruyan sdh mempersiapkan secara detail baik dari Jumlah Personil pengamanan serta Potensi kerawanan serta jika memerlukan BKO pun polres Seruyan akan siap, karna ini merupakan tugas kami sebagai anggota Polri, serta Polri akan bersikap Netral pada Pemilu yang akan dilaksnakan maupun pemilu yang akan datang.

Asisten III Setda Seruyan, Pemerintah daerah siap mendukung secara moril kepada KPUD dimana akan merekrut pegawai di setiap kecamatan untuk menjadi anggota PPK, dimana akan menyurati setiap Camat agar memberikan rekomendasi kepada pegawainya yang menjadi anggota PPK.

Camat Se Kabupaten Seruyan mengharapkan :

  1. Untuk diberikan wewenang kepada camat  menentukan anggota PPK untuk mengantisipasi kinerja dan kekosongan pegawai yang akan menjadi anggota PPK;
  2. Logistik sebelum pelaksanaan atau H- berlangsung pencoblosan sudah sampai di tingkat kecamatan sehingga logistik bisa di cek ulang oleh PPK yang disaksikan oleh panwascam dan pihak kecamatan.

Kegiatan berakhir pada pukul 11.35 WIB dan berlangsung dalam keadaan kondusif.

Perlu perbaikan untuk kita semua baik dari pihak penyelenggara pemilu maupun kita selaku Pemerintah daerah untuk mengantisipasi permasalahan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020. Untuk selanjutnya tim PildeskPilkada akan mengadakan rapat lanjutan lagi.

image_pdfimage_print
Updated: Februari 21, 2020 — 10:30 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *