Kategori: Berita

Kesbangpol laksanakan rapat internal persiapan sebagai tuan rumah Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) tahun 2020

Pada hari selasa tanggal 11 Feb 2020 telah dilaksanakan rapat internal lingkungan badan kesbangpol dalam rangka persiapan awal untuk menjaring saran dan masukan-masukan yang nanti akan dibawa untuk rapat tingkat kabupaten agar nantinya kegiatan dapat berjalan lancar sesuai rencana.  Kegiatan rapat tersebut dihadiri oleh kepala Badan kesbangpol, harta sima, M. Pd, para kabid, kasubbid dan seluruh staf badan kesbangpol
Adapun rencana awal yang menjadi agenda adalah :
1. Lokasi kegiatan pantai bakau, diisi olah raga, senam bersama
2. Penanaman mangrove di pantai bakau.. kerjasama dngan BLH dan   PORAPARBUD rencana 2000 batang.
4. Pelaksanaan karnaval budaya
5. Malam pencerahan rencana dilaksanakan di pantai bakau
6. Upacara sumpah pemuda di lapangan gagah Lurus / halaman pemda
Adapun hasil rapat tersebut nantinya akan di bahas lagi pada rapat tingkat kabupaten dan selanjutnya pada tingkat provinsi

 

Updated: Februari 21, 2020 — 8:34 am

Sosialisasi Pembinaan Partai Politik

KUALA PEMBUANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Seruyan mengadakan kegiatan pembinaan Partai Politik (Parpol) dan sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan bidang politik di Aula Kesbangpol setempat.

“Untuk meningkatkan kualitas Parpol, maka perlu dilakukan pendidikan politik sebagai proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Asisten 1 Rusnah sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut di Kuala Pembuang, Rabu (12/9/18).

Dalam pelaksanaannya, diharapkan pemberian bantuan keuangan kepada parpol ini, dapat digunakan dengan baik untuk meningkatkan kemampuan sumber daya pengurus dan kualitas kegiatan parpol, serta dapat juga dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan politik masyarakat.

“Tentu saja Parpol juga memiliki kewajiban untuk melaporkan penggunaannya kepada pemerintah, dan pelaporan tersebut harus sesuai dengan peraturan yang berlaku,” terangnya.

Ia menilai, bahwa keberadaan Parpol sangat diperlukan sebagai mitra kerja perintah daerah dalam rangka melaksanakan pembangunan.

Selain itu, parpol juga merupakan salah satu elemen utama sebagai fungsi kontrol dalam pelaksanaan pembangunan.

Updated: September 15, 2018 — 10:25 pm

Rapat Lintas Sektoral Kesiapan Pemilu 2019

Pada hari Senin tgl 10 September 2018 Skj 09.00 Wib di Aula Data Wira Satya Polres Seruyan Jalan Ahmad Yani Kel. Kuala Pembuang II Kec.Seruyan Hilir Kab.Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah telah dilaksanakan Rapat Koordinasi dengan stakeholder dalam rangka Pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Kabupaten Seruyan.

Adapun yang hadir :
1. AKBP Ramon Zamora Ginting, S.IK ( Kapolres Seruyan )
2. AKP Wahyu Adi P. ( Kabag OPS Polres Seruyan )
3. Hartasima, S.Pd ( Kesbangpol Seruyan )
4. Agus Sukron Ma’mun ( Ketua KPUD Seruyan )
5. Umar Zaid Bustomi, S.Sos ( Ketua Panwaslu Seruyan ) Beserta Atep Budiman ( Komisioner Panwaslu Seruyan )
6. Teguh Aprianto, SH ( Kajari Seruyan )
7. KAPTEN Inf. Sukatmin, SE ( Pabung 1015/SPT wilayah Kuala Pembuang)
8. Mansyur Ibrahim ( Kadis Disdukcapil Kab.Seruyan )
9. IPTU Masriwiyono, SH ( Kasat Intelkam Polres Seruyan )
10. Simanto ( Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa )
11. Seluruh Jajaran Perwira Polres Seruyan dan Seluruh Kapolsek Se-Kabupaten Seruyan berjumlah lk. 20 Orang.

Adapun rapat koordinasi tersebut sebagai bentuk :
a. Menyamakan persepsi dan langkah-langkah dalam pelaksanaan pengawasan pada pemilihan Pemilu Tahun 2019. Dimana untuk mengantisipasi Hal-hal yang dapat menganggu ketertiban dan keamanan akan pelaksanaan PilLeg dan PilPres Tahun 2019;
b. Untuk menguatkan fungsi koordinasi dengan stakeholder tentang pemahaman yang sama sesuai dengan aturan Pemilu, sehingga dengan stakeholder bisa melakukan pengawasan secara terpadu yang melibatkan peranan masyarakat dalam setiap tahapan Pemilu. Terutama dapat memahami tentang masalah penegakan hukum, karena ini sangat penting bagi pengawasan untuk mencegak kerawanan serta dapat mengurai permasahan;
c. Meantisipasi berbagai potensi yang akan atau/ saat serta pasca Pemilu, untuk itulah dengan Rakor ini agenda besar tersebut diharapkan seluruh elemen dapat terlibat, karena diperlukan konstribusi dan kerja seluruh pemangku kepentingan, diantaranya adalah pemerintah, aparat keamanan, termasuk elemen masyarakat, tokoh agama, serta rekan-rekan media demi suksesnya pemilu tahun 2019.

Acara selesai skj 11.00 wib dlm situasi aman kondusif.

II. PENDAPAT PELAPOR.

Untuk mewujudkan pemilu langsung umum bebas rahasia jujur dan adil sehingga perlu adanya kerjasama dari semua pihak pemangku kepentingan untuk menyukseskan pesta demokrasi dengan harapan bisa berjalan sukses dan lancarnya pemilu mulai dari pra tahapan sampai berlangsungnya Pemilu Tahun 2019.

 

Dump Seruyan.

Updated: September 10, 2018 — 10:21 pm

FKUB Jakarta Utara Menerima Kunjungan FKUB Kab. Seruyan

(fkub JakutFKUB-Jakarta) Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Administrasi Jakarta Utara menerima kunjungan kerja dari FKUB Kab. Seruyan – Provinsi Kalimantan Tengah pada hari ini rabu 26 Oktober 2016, pukul:10.00 s.d 11.30 di kantor FKUB Jakarta Utara.

Kunjungan FKUB Kabupaten Seruyan- Kalimantan Tengah ini dalam rangka study banding tentang mekanisme penerbitan pertimbangan FKUB, rekomendasi Kementerian Agama dan rekomendasi walikota.

Pertemuan tersebut dipandu oleh Pendeta Kambey, dan dihardiri oleh: Ka.Kesbangpol Jakarta Utara, Kabag Dikmental Jakarta Utara, dan anggota FKUB Jakarta Utara.

Acara didahului dengan sambutan dari ketua FKUB Jakarta Utara dan ketua FKUB Kabupaten Seruyan Jakarta – Utara, kemudian acara dilanjutkan dengan dialog khusus tentang mekanisme penerbitan rekomendasi pertimbangan FKUB dan Rekomendasi Kemeterian Agama maupun Rekomendasi Walikota.(fkub/budi)

sumber :http://www.fkub.org

Updated: Agustus 3, 2018 — 10:20 am
image_pdfimage_print